PRINSIP PENANGANAN HIPOTERMIA

Kurangi kehilangan panas tubuh dengan menganti baju pasien dengan yang kering dan gerakkan anggota badan pasien.

Tambah panas tubuh dengan botol yang diisi cairan panas, kompres panas, batu yangHypothermia dipanaskan, handuk yang dipanaskan. Diluar negeri dikenal Heat Wave™ suatu bahan kimia instan yang dapat berubah menjadi panas selama 6 - 10 jam.
Tambah makanan dan minuman yang secara langsung (yang panas) maupun tidak langsung (makanan yang kaya protein dan karbohidrat) akan meningkatkan panas tubuh dikenal dengan prinsip WSW (Warm Sugar Water). Menghindarkan pemakaian alkohol (vasodilator: meningkatkan kehilangan panas melalui pelebaran pembuluh darah perifer), kafein (diuretik: meningkatan buang air besar sehingga menyebabkan kehilangan air dan panas tubuh), tembako/nikotin (vasokontiksi: meningkatkan resiko frostbite melalui penyempitan pembuluh darah perifer).

Penutup/selimut Hipotermia: membuat pasien tetap hangat baik didalam maupun luar tubuh. Pastikan pasien tetap "kering" gunakan bahan yang dapat menyerap keringat untuk bagian dalam penutup/selimut. Untuk bagian luar dapat digunakan sleeping bags, selimut atau kain yang tebal (dianjurkan dari wool). Gunakan bahan yang mengisolasi panas yang dipasang antara tubuh pasien dengan tanah untuk mencegah perpindahan panas dari tubuh ke tanah. Kalau mau yang praktis ada beli peralatan hipotermibag tapi ya itu mahal.

Afterdrop
Afterdrop adalah situasi yang terjadi ketika suhu tubuh malah turun ketika penghangatan. hal ini disebabkan aliran darah tepi melebar ketika dipanaskan. Pelebaran darah ini akan mengaliran darah yang dingin yang akan menurunkan suhu tubuh sehingga menggangu organ dan menyebabkan kematian. After drop dapat dihindari dengan memanaskan badan saja melalui pembuluh utama.
(http://tbmmfkugm.cjb.net)

0 komentar:

Posting Komentar